Sunday, May 5, 2013

FW: Trik Mencegah Makan Berlebihan Pasca Olahraga


 

 

Feed: Wolipop
Posted on: Monday, May 06, 2013 08:10
Author: Wolipop
Subject: Trik Mencegah Makan Berlebihan Pasca Olahraga

 

Jakarta - Setelah berolahraga, perut cenderung akan merasa lebih lapar dari biasanya. Hal itu wajar karena energi banyak terkuras oleh aktivitas fisik. Masalahnya, makanan yang dikonsumsi seringkali tidak sehat seperti junk food atau yang tinggi lemak dan kalori. Saat lapar, kita memang cenderung memilih makanan tidak sehat ketimbang yang sehat.

Anda tentunya tidak mau usaha yang dilakukan untuk memangkas berat badan jadi sia-sia karena pilihan makanan yang salah. Untuk menghindari makan berlebihan dan tidak sehat, ini cara mengontrolnya, seperti dikutip dari Health Me Up.

1. Jangan langsung makan berat
Untuk mengolah makanan yang masuk, tubuh memerlukan banyak energi. Setelah berolahraga, energi akan terkuras dan tubuh harus bersusah payah mengolah makanan yang masuk. Sebaiknya pilih makanan ringan tapi mengenyangkan.

2. Makanan tinggi protein
Setelah olahraga, Anda biasanya disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi protein. Nutrisi ini memerlukan waktu lama untuk dicerna tubuh sehingga perut akan terasa kenyang lebih lama. Anda pun bisa terhindar dari keinginan makan berlebihan. Dada ayam utuh, tuna, roti gandum dengan selai kacang, atau pisang dengan yoghurt adalah makanan ideal pasca olahraga.

3. Air putih
Minumlah air putih sebelum, saat dan setelah olahraga. Selain menyediakan cairan yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas, air putih juga memberi efek perut terasa penuh sehingga hasrat makan pun berkurang.

4. Banyak mengunyah
Cara lain untuk mencegah makan berlebihan pasca olahraga adalah mengonsumsi camilan yang perlu waktu lama dikunyah dan rendah kalori. Kunyahan yang lama akan memberi waktu bagi tubuh untuk mengirimkan sinyal ke otak bahwa Anda sudah kenyang. Jadi, kemungkinan untuk makan banyak berkurang. Makanlah apel, pir, wortel mentah, seledri atau roti gandum utuh.

(hst/rma)

 


View article...

Enclosures:

080901_womanairputih.jpg (10 KB)
http://images.detik.com/content/2013/05/06/849/080901_womanairputih.jpg

 

YOUR COMMENT