Thursday, May 30, 2013

FW: Awas! Hanya Makan Buah di Malam Hari Bisa Ganggu Kesehatan


 

 

Feed: Wolipop
Posted on: Friday, May 31, 2013 10:16
Author: Wolipop
Subject: Awas! Hanya Makan Buah di Malam Hari Bisa Ganggu Kesehatan

 

Jakarta - Banyak wanita yang sedang menjalani program diet terbiasa makan malam dengan buah-buahan saja. Mereka cenderung makan lebih banyak saat siang hari dan menghindari makan malam. Namun ternyata hanya mengonsumsi buah saat malam hari tanpa makanan berat lainnya bisa mengalami gangguan kesehatan. Mengapa?

"Itu bisa mengakibatkan gula darah nggak seimbang, setiap hari makan siang banyak malam kosong sama sekali. Namanya diet sebenarnya konteksnya satu hari dan terus menerus. Bukan hanya memilih makan siang saja, sarapan saja, atau makan malam saja," jelas ahli gizi Prof. Dr. Hardinsyah, MS, kepada Wolipop di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa (28/5/2013).

Pakar nutrisi lulusan Innutrition, University of Queensland, Australia itu menyarankan agar sebaiknya Anda tetap makan dengan menu empat sehat lima sempurna namun porsinya dikurangi. Misalnya saja makan siang terbiasa satu piring, saat malam hari makanlah setengah porsi dari makan siang dengan menu yang berbeda. Buah bukan menu utama tapi sebagai tambahan atau camilan saja. Tidak lupa makan malam di waktu yang tepat yaitu sekitar pukul 5 sampai 7 malam.

Jika merasa lapar ketika malam hari, buah boleh dijadikan camilan. Namun jika tujuan Anda menurunkan berat badan sebaiknya tidak mengonsumsi buah juga karena beberapa buah memiliki kadar karbohidrat yang cukup banyak. Contohnya, buah alpukat mengandung banyak lemak dan karbohidrat sederhana maka perlu dihindari untuk asupan malam hari.

Tidak hanya itu saja, buah seperti mangga dan pisang juga mempunyai banyak karbohidrat. Pria yang akrab disapa Hardin itu menuturkan, seandainya mau ngemil buah pilih buah yang tidak terlalu banyak karbohidrat seperti jeruk atau apel. "Jeruklah yang bagus, tapi jangan lebih dari satu buah karena makan banyak buah sama saja menyuplai karbohidrat," tutur Pimpinan Klinik Konsultasi Gizi Fakultas Ekologi Manusia, Institut Pertanian Bogor ini.

Daripada mengonsumsi buah terlalu banyak, Hardin menyarankan sebaiknya 'lari' ke salad sayuran. Ia juga mengatakan, jika mempunyai tujuan menurunkan berat badan, pintar-pintarlah mengendalikan nafsu makan agar diet Anda berhasil. "Ya ini kan antara nafsu sama realita, ya kalau memang kita punya tujuan hidup mungkin menurunkan berat badan, jangan tergoda nafsu ya," ujarnya mengakhiri perbincangan.

(aln/fer)

 

Browser anda tidak mendukung iFrame


View article...

Enclosures:

101715_diet5.jpg (10 KB)
http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656124/e/1/s/2ca4c04f/l/0Limages0Bdetik0N0Ccontent0C20A130C0A50C310C8490C10A17150Idiet50Bjpg/101715_diet5.jpg

 

YOUR COMMENT